Rabu, 09 November 2011

memanage waktu

Permasalahan waktu ini memang sebenarnya kelihatan sepele, namun justru mengancam posisi kita sebagai pebisnis yang berbisnis di dua dunia yaitu offline dan online walaupun dalam dunia offline tak mesti harus sebagai pebisnis, sebagai karyawan saja atau kegiatan offline lainnya seperti sekolah atau kuliah yang cukup menyita waktu akan membuat kita tertekan yang pada akhirnya ujung-ujungnya malah stress dan depresi jika kita tidak pandai-pandai menyiasati waktu yang ada.

Jika kita punya aktivitas di dunia offline dan online, maka kita harus bisa membagi waktu seefektif dan seefisien mungkin agar apa yang kita lakukan di dua dunia tersebut menjadi optimal dan tidak mengorbankan salah satunya, yang pada akhirnya semua tujuan kita di dua dunia tersebut tercapai sesuai dengan apa yang kita harapkan.


Mengapa waktu begitu penting? Anda tahu bahwa kita hidup di dunia ini pada dasarnya sudah di jatah masing-masing oleh Allah SWT. Anda pun tidak akan tahu kapan waktu Anda akan habis di dunia ini, jadi penting sekali kita memanfaatkan waktu yang kita miliki saat ini.

Seperti kita ketahui, waktu tidak akan pernah bisa terulang kembali, lain halnya dengan uang atau harta benda yang jika hilang masih dapat kita cari kembali namun berbeda dengan yang namanya waktu, sekali dia berlalu maka tak akan pernah kembali lagi.

Seperti kita ketahui, waktu yang kita miliki adalah 24 jam per harinya, dimana jika kita punya profesi sebagai karyawan, maka kita akan menggunakan waktu berkisar 8 jam perharinya untuk dunia offline, jika kita sekolah atau kuliah atau kegiatan dan aktivitas lainnya bisa kurang atau lebih dari 8 jam tersebut. Sementara waktu ideal kita beristirahat adalah 8 jam perharinya, bisa kurang dari itu atau bahkan lebih ( Wah, kalau lebih bisa dibilang pemalas ya…he..he..he.. ).

Nah…waktu di atas tersebut hanya untuk aktivitas kita di dunia offline yaitu 8 jam untuk aktivitasnya ditambah dengan 8 jam untuk waktu beristirahatnya, jadi waktu yang telah kita gunakan untuk dunia offline adalah 16 jam yang berarti masih tersisa 8 jam lagi yang bisa kita gunakan untuk dunia offline.

Dari sisa waktu 8 jam tersebut bisa Anda gunakan untuk beraktivitas di dunia online, namun tak harus 8 jam penuh. Menurut saya, yang paling efektif dan tidak menjenuhkan adalah 4 jam saja sedangkan untuk sisa waktu 4 jam lagi bisa Anda gunakan untuk hal-hal lain seperti, berkumpul bersama keluarga, jalan-jalan, refreshing atau kesibukkan-kesibukkan lainnya.

Namun untuk menggunakan waktu tersebut di atas, tidak mutlak harus 4 jam terus menerus untuk online, namun bisa disambi di sela-sela kesibukan Anda yang 4 jam lainnya. Jadi dengan waktu yang ada untuk online, maka Anda harus bisa mengatur dan mempersiapkan apa-apa yang perlu dilakukan saat Anda online. Rencanakan terlebih dahulu apa yang akan dan perlu dilakukan saat Anda berada di dunia online.

Jika anda berhasil membagi dan mengatur waktu Anda dengan baik, maka Insyallah hasil yang didapat pun akan sesuai dengan apa yang kita targetkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar